Tembus 100 Juta Dosis, Kapan Target Herd Immunity Tercapai?

 

Tembus 100 Juta Dosis, Kapan Target Herd Immunity Tercapai?

“Meski target 100 juta vaksinasi sudah tercapai, pemerintah masih terus menggalakkan vaksinasi agar herd immunity di Indonesia cepat tercapai. Lantas, kapan hal tersebut akan terjadi? Apa saja syarat agar target herd immunity di Indonesia bisa segera tercapai?”

Halodoc, Jakarta – Virus corona yang masih terus mewabah membuat pemerintah menggencarkan vaksinasi COVID-19. Tujuannya  untuk mengejar target herd immunity di Indonesia secepat mungkin. Ketika 70 persen lebih masyarakat sudah di vaksin, mereka akan memiliki antibodi terhadap COVID-19, sehingga pandemi dapat segera diatasi. Pertanyaan selanjutnya adalah, kapan herd immunity di Indonesia bisa tercapai?

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh setelah Vaksin COVID-19

Kapan Target Herd Immunity di Indonesia Tercapai?

Sebelum mengetahui kapan target herd immunity di Indonesia bisa tercapai, sebaiknya kamu lebih dulu mengenal apa itu herd immunityHerd immunity adalah sekumpulan populasi manusia yang kebal terhadap penyakit tertentu, sehingga memberikan perlindungan tidak langsung bagi sekelompok orang yang tidak kebal terhadap penyakit. 

Sebagai contoh, jika ada 80 persen lebih populasi manusia yang kebal terhadap virus corona, maka empat dari setiap lima orang yang bertemu dengan pengidap tidak akan terinfeksi virus.

Hal tersebut tidak akan membuat virus menyebar lebih luas. Dengan cara tersebut, penyebaran infeksi virus corona dapat dikendalikan dengan baik. Herd immunity di suatu daerah akan berbeda-beda, tergantung seberapa menular suatu penyakit dan kekebalan tubuh masing-masing orang. Dari data Kemenkes RI per Tanggal 1 September 2021 (pukul 18.00 WIB), ada sebanyak 98,684,323 orang yang telah melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2.

62,229,890 di antaranya sudah melakukan dosis 1 vaksin, dan 36,454,433 di antaranya sudah menyelesaikan sampai dosis ke-2. Pertanyaan adalah kapan herd immunity di Indonesia bisa tercapai? 

Jawabannya adalah jika vaksin sudah diberikan pada 208,265,720 juta orang (seperti dilansir dalam Satuan Tugas Penanganan COVID-19). Di dalamnya termasuk tenaga kesehatan, lansia, petugas publik, masyarakat rentan dan masyarakat umum, serta anak-anak berusia 12-17 tahun.

Baca juga: 6 Tips Aman dan Nyaman Camping di Masa Pandemi

Syarat Menuju Herd Immunity

Jika ingin herd immunity di Indonesia dapat tercapai tahun 2022, maka dosis vaksin COVID-19 yang diberikan ke masyarakat minimal 1 juta dosis per hari. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, yang menyatakan dirinya telah menetapkan target sebanyak 1 juta penyuntikan dosis vaksin COVID-19 per hari, sejak Juli lalu. Jika diberikan dalam jumlah 1 juta dosis per hari, maka berikut ini rinciannya:

– Satu hari: 1,008,634 dosis.

– Satu bulan: 30,259,007 dosis.

– Satu tahun: 363,108,930 dosis.

Angka 363,108,930 tersebut lebih besar dari yang ditargetkan pemerintah, yaitu sebanyak 208,265,720. Nah, agar lebih cepat mencapai target, jangan memilih-milih jenis vaksin, karena vaksin yang diberikan oleh pemerintah sudah terjamin mutu, keamanan, dan kualitasnya. Pemberian vaksin tidak berarti aman dan kebal dari infeksi COVID-19, tetapi kamu akan menjadi lebih tangguh. Jika terkena pun, gejala yang dialami tidak akan berat dan membahayakan nyawa. 

Baca juga: Begini Cara Tepat Menggunakan Disinfektan di Rumah

Itulah penjelasan mengenai kapan herd immunity di Indonesia bisa terwujud. Jika kamu belum melakukan vaksinasi, disarankan untuk segera melakukannya. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program pemerintah mencapai herd immunity di Indonesia, sehingga pandemi COVID-19 dapat segera berakhir. Jika kamu mengalami keluhan setelah melakukan vaksinasi, bicarakan gangguan yang kamu alami dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar