Syarat dan Ketentuan

Ketentuan Umum

Ketentuan Penggunaan ini adalah perjanjian antara pengguna (“Anda”) dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (“Kami”), sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia. Ketentuan Penggunaan ini mengatur akses dan penggunaan Anda atas aplikasi, situs web (www.gojek.com dan situs web lain yang Kami kelola), konten dan produk yang disediakan oleh Kami (selanjutnya, secara bersama-sama disebut sebagai “Aplikasi”), serta pemesanan, pembayaran atau penggunaan layanan yang tersedia pada Aplikasi (“Layanan”).

Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Anda juga menyetujui Ketentuan Penggunaan tambahan, termasuk Ketentuan Penggunaan pada setiap Layanan, dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini (selanjutnya, Ketentuan Penggunaan, Ketentuan Penggunaan tambahan, dan perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Ketentuan Penggunaan”). Meskipun merupakan satu kesatuan, Ketentuan Penggunaan tambahan akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Ketentuan Penggunaan.

Penggunaan Aplikasi dan Layanan

Akses dan penggunaan Aplikasi tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini. Anda mempunyai kebebasan penuh untuk memilih menggunakan Aplikasi atau aplikasi lain, menggunakan Layanan yang tersedia pada Aplikasi atau tidak, atau berhenti menggunakan Aplikasi.

Kami hanya memfasilitasi Anda untuk menemukan berbagai Layanan yang Anda perlukan dengan menyediakan Aplikasi. Semua Layanan disediakan secara langsung oleh pihak ketiga independen yang setuju menjadi penyedia layanan Kami dengan skema kemitraan atau skema lainnya (“Penyedia Layanan”).

Ketika memesan Layanan, Aplikasi akan menghubungkan Anda dengan Penyedia Layanan yang tersedia di sekitar lokasi Anda. Dengan demikian, beberapa Layanan tidak dapat digunakan bila Anda tidak mengaktifkan fitur penentuan lokasi.

Selanjutnya, jika Penyedia Layanan menerima pesanan Anda, Kami akan menginformasikan status pesanan Anda melalui Aplikasi.

Pembukaan dan Pengaksesan Akun Gojek

Sebelum menggunakan Aplikasi, Anda harus menyetujui Ketentuan Penggunaan ini dan Kebijakan Privasi, dan mendaftarkan diri Anda dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami. Saat melakukan pendaftaran, Kami akan meminta Anda untuk memberikan nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon seluler pribadi Anda yang sah. Anda dapat mengubah informasi data diri Anda pada fitur pengaturan dalam Aplikasi.

Setelah melakukan pendaftaran, sistem Kami akan menghasilkan kode verifikasi secara otomatis dan mengirim kode verifikasi tersebut melalui pesan singkat ke nomor telepon genggam yang Anda berikan. Anda perlu melakukan verifikasi dengan memasukan kode verifikasi tersebut pada halaman pendaftaran di Aplikasi.

Setelah melakukan verifikasi, sistem Kami akan membuatkan akun Gojek pribadi (“Akun”) untuk Anda yang dapat digunakan untuk menggunakan Aplikasi dan memesan Layanan melalui Aplikasi. Nomor telepon genggam Anda melekat pada Akun Anda sehingga Anda tidak bisa membuat Akun baru dengan nomor telepon genggam yang sudah didaftarkan. Hal yang sama juga berlaku apabila di kemudian hari Anda mengubah nomor telepon genggam Anda pada menu pengaturan di Aplikasi.

Dalam hal Anda telah keluar dari Akun Anda, maka Anda perlu memasukan alamat surat elektronik atau nomor telepon genggam yang ada berikan pada saat mendaftarkan diri Anda dan memasukan kode verifikasi, yang kemudian dikirim secara otomatis oleh sistem Kami ke nomor telepon genggam terdaftar Anda, pada halaman pengaksesan.

Fitur Otentikasi Perangkat

Jika Anda menggunakan perangkat yang mendukung fitur sidik jari (fingerprint) dan / atau pengenalan wajah (facial recognition), Anda dapat mengaktifkan fitur otentikasi perangkat tersebut untuk masuk ke Aplikasi kami.

Ketika Anda mengaktifkan fitur sidik jari dan / atau pengenalan wajah di perangkat seluler Anda untuk keperluan otentikasi di Aplikasi, harap dicatat bahwa Kami tidak menyimpan data biometrik tersebut. Kecuali jika diberitahukan sebaliknya kepada Anda, data tersebut disimpan di perangkat seluler Anda dan juga dapat disimpan oleh pihak ketiga, seperti pabrik pembuat perangkat Anda. Anda setuju dan mengakui bahwa kami tidak bertanggung jawab atas akses atau kehilangan yang tidak sah terhadap data biometrik yang disimpan di perangkat Anda.

Jika Anda mengganti perangkat seluler Anda, OTP masih akan diperlukan bagi Anda untuk masuk ke Aplikasi. Jika Anda ingin mengaktifkan fitur otentikasi perangkat di perangkat baru Anda, Anda dapat melakukannya di pengaturan perangkat seluler Anda.

KEBIJAKAN PRIVASI GOJEK Mulai dari 4 Maret 2021

Kebijakan Privasi berikut ini menjelaskan bagaimana kami, Gojek (PT Aplikasi Karya Anak Bangsa dan afiliasi-afiliasi, atau “kami”) mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengolah, menguasai, mentransfer, mengungkapkan dan melindungi Informasi Pribadi anda. Kebijakan Privasi ini berlaku bagi seluruh pengguna aplikasi-aplikasi, situs web (www.gojek.com dan www.gobiz.co.id), layanan, atau produk (“Aplikasi”) kami, kecuali diatur pada kebijakan privasi yang terpisah.

Mohon baca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa anda memahami bagaimana proses pengolahan data kami. Kecuali didefinisikan lain, semua istilah dengan huruf kapital yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini memiliki arti yang sama dengan yang tercantum dalam Ketentuan Pengunaan.

Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  • Informasi Pribadi yang kami kumpulkan
  • Penggunaan Informasi Pribadi yang kami kumpulkan
  • Pemberian Informasi Pribadi yang kami kumpulkan
  • Penyimpanan Informasi Pribadi
  • Akses dan koreksi Informasi Pribadi
  • Tempat kami menyimpan Informasi Pribadi anda
  • Keamanan Informasi Pribadi anda
  • Perubahan atas Kebijakan Privasi ini
  • Pengakuan dan persetujuan
  • Materi pemasaran dan promosi

INFORMASI PRIBADI YANG KAMI KUMPULKAN

Kami mengumpulkan informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan orang atau perangkat yang terkait dengan informasi tersebut ("Informasi Pribadi"). Informasi Pribadi termasuk, tetapi tidak terbatas pada, nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat e-mail, rekening bank dan detail kartu kredit, jenis kelamin, identifikasi (termasuk KTP, SIM, atau Paspor) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah, foto, kewarganegaraan, nomor telepon pengguna dan non-pengguna Aplikasi kami yang terdapat dalam daftar kontak telefon selular anda, data kesehatan, informasi keuangan terkait, serta informasi biometrik (termasuk namun tidak terbatas pengenalan wajah). Selain itu, untuk informasi lainnya, seperti profil pribadi, dan/atau nomor pengenal unik, yang dikaitkan atau digabungkan dengan Informasi Pribadi, maka informasi tersebut juga dianggap sebagai Informasi Pribadi. Informasi Pribadi yang kami kumpulkan dapat diberikan oleh anda secara langsung atau oleh pihak ketiga (misalnya: ketika anda mendaftar atau menggunakan Aplikasi, ketika anda menghubungi layanan pelanggan kami, atau sebaliknya ketika anda memberikan Informasi Pribadi kepada kami). Kami dapat mengumpulkan informasi dalam berbagai macam bentuk dan tujuan (termasuk tujuan yang diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku).

Informasi yang kami kumpulkan dari anda atau perangkat seluler anda secara langsung

  • Ketika anda mendaftar dan membuat akun dengan kami menggunakan Aplikasi, anda harus memberikan kepada kami Informasi Pribadi tertentu, termasuk nama, alamat fisik, alamat e-mail, dan nomor telepon anda. Jika anda menggunakan Aplikasi sebagai penyedia layanan, anda harus memberikan Informasi Pribadi tambahan kepada kami sebagai bagian dari proses pendaftaran penyedia layanan. Ini akan mencakup rincian mengenai kendaraan anda (izin, persetujuan, dan otorisasi lainnya yang anda perlukan untuk mengoperasikan kendaraan dan untuk menyediakan layanan transportasi), polis asuransi anda, dan rekening bank anda.
  • Ketika anda menggunakan Aplikasi, anda harus memberikan kami informasi yang relevan yang mungkin diperlukan oleh kami agar Aplikasi dapat berfungsi, contohnya: Jika anda menggunakan Aplikasi sebagai pengguna, anda harus memberikan informasi pada kami sesuai dengan jenis layanan yang anda cari, dan rincian penjemputan dan/atau pengiriman. Jika anda menggunakan Aplikasi sebagai penyedia layanan, agar Aplikasi dapat berfungsi, anda harus memberikan kepada kami informasi terkait dengan layanan yang anda dapat terima pesanannya pada saat itu, dan perinciannya pada saat ini, dan setelah pesanan untuk layanan yang ditempatkan oleh pengguna diterima oleh anda sebagai penyedia layanan, anda mungkin akan perlu memberikan kepada kami data lain yang kami perlukan untuk mengelola Aplikasi dan ekosistem terkait, serta untuk memantau keseluruhan penggunaan Aplikasi. Jika anda menggunakan dan/atau ketika pembayaran atau transfer dilakukan melalui fasilitas uang elektronik dan/atau dompet elektronik yang disediakan oleh kami, jika anda adalah pihak pembayar atau pengirim, anda akan menyediakan informasi kepada kami yang berkaitan dengan penggunaan, pembayaran atau transfer, termasuk tetapi tidak terbatas pada rincian transfer dan/atau penerima pembayaran, jumlah pembayaran yang dibayarkan, jenis kartu pembayaran dan rekening yang digunakan, nama penerbit kartu pembayaran atau akun tersebut, nama pemegang dan nomor kartu pembayaran atau rekening tersebut, kode verifikasi kartu pembayaran atau rekening dan tanggal kadaluarsa kartu pembayaran atau rekening, sebagaimana berlaku. Jika anda bermaksud untuk mendaftar sebagai pemegang akun terdaftar atau terverifikasi dari fasilitas uang elektronik yang disediakan oleh kami, anda akan memberikan informasi kepada kami yang diperlukan termasuk tetapi tidak terbatas pada nama lengkap anda, nomor kartu identitas anda, jenis kartu identitas yang anda gunakan untuk registrasi, alamat, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, rincian pajak, kebangsaan dan/atau data biometrik. Jika anda bermaksud untuk menambahkan kartu pembayaran atau rekening sebagai sumber dana untuk pembayaran dalam Aplikasi, anda akan memberikan kepada kami informasi terkait jenis kartu pembayaran dan rekening yang didaftarkan, penerbit kartu pembayaran atau rekening, nama pemegang kartu pembayaran dan rekening tersebut, nomor identifikasi dari kartu pembayaran atau rekening tersebut dan kode verifikasi kartu pembayaran atau rekening dan tanggal kadaluarsa kartu pembayaran dan rekening tersebut, sebagaimana berlaku.

PENGGUNAAN INFORMASI PRIBADI YANG KAMI KUMPULKAN

Kami dapat menggunakan Informasi Pribadi yang dikumpulkan untuk tujuan sebagai berikut maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku ("Tujuan"):

Jika anda adalah pengguna, kami dapat menggunakan Informasi Pribadi anda:

  • untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan anda sebagai pengguna dan untuk mengadministrasikan, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun anda;
  • untuk memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan kami diperlukan sebelum penyedia layanan memberikan layanan kepada anda atau sebelum kami mendaftarkan anda sebagai pengguna, termasuk melakukan proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer - KYC) dan penentuan kredit (credit scoring);
  • untuk memungkinkan penyedia layanan untuk menyediakan layanan yang anda minta;
  • untuk mengolah dan memfasilitasi pesanan dan transaksi pembayaran yang anda lakukan, termasuk sebagaimana berlaku, transaksi yang dilakukan melalui kartu pembayaran atau rekening yang tersedia pada Aplikasi;
  • untuk memberitahu anda atas transaksi atau aktivitas yang terjadi dalam Aplikasi atau sistem lain yang terhubung dengan Aplikasi kami;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar